Pengalaman Iritasi Kulit dan Nggak Cocok / Salah Pakai Produk

Duh, judulnya ya.. Rumit memang kalau permasalahan kulit dan wanita itu. Aku baru sadar jika kulitku tidak sebadak yang aku kira. Sudah banyaaaak kali mengalami yang namanya iritasi. Pernah di muka, pernah di badan, dan yang baru aku alami : iritasi di punggung tangan kiri dan kanan~~~ >,<

Iritasi dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik, misalnya alkohol, sinar matahari, sabun/deterjen, deodoran, minyak tanah, logam yang ada di perhiasan / aksesoris, dan lain-lain. Iritasi ini khasnya adalah suatu reaksi yang langsung terjadi akibat adanya kontak fisik (menempel) dengan bahan-bahan yang membuat iritasi tanpa ada reaksi imunologi. Bedanya dengan alergi adalah kalau alergi kulit hipersensitif terhadap suatu bahan alergen yang sebelumnya sudah pernah kontak (berulang-ulang hingga tersensitisasi, sudah timbul antigen) sehingga ada respon imunologinya.

Ciri-ciri kulit yang mengalami iritasi kulit tampak kemerahan (kayak udang rebus), terasa panas / perih, rasa terbakar, terkadang ada muncul gatal, kulit seperti terkena luka bakar muncul rasa nyeri, bengkak, ada bulla (kulit yg dibawah lapisannya ada airnya), sampai dengan kulit kering dan terkelupas. tapi, bisa juga beda-beda tergantung zat apa yang menyebabkan iritasi.

Biasanya jelas penyebab iritasinya, inget-inget aja tadi habis ngapain sebelum kejadian iritasi tersebut berlangsung. Kalau sudah tahu dihapalkan, kalau bisa jangan diulangi lagi. Pengalamanku yang konyol banget adalah waktu aku pake lotion anti jerawat sariayu (yang didalamnya terkandung belerang dan ada alkoholnya) waktu itu aku iseng ngompres pake kapas, TERUS AKU KETIDURAN, pas bangun eh kok masih ada kapas nempel….aku lupa, pas aku buka kulitku meraaaah, ya kulitku iritasi, dan konyolnya merahnya itu nyetak seperti bentuk kapas : di dahi, di pipi kanan, dan di pipi kiri. Besoknya aku ke kampus, dikira temanku aku pake blush on… Ya Allah ini iritasi, guys…! perlu dicatat pribadi : ga cocok sama alkohol apalagi kalau pemakaiannya salah>> overdosis nempelnya, pesan yang berharga banget. soalnya setelah merah kayak udang rebus, kulit jadi keriiiing banget, terus ngelupas deh…cuci muka mesti pelaaaaan-pelaaan supaya ga lecet… masa penyembuhannya 1-2 minggu dengan maskeran timun tiap hari.

Kali kedua aku iritasi, gara-gara pakai peeling cream mustika ratu ga dibersihkan dulu langsung maskeran, seharusnya dicuci mukanya dulu, alhasil lama kontak peeling cream tersebut dengan kulit kelamaan… aku iritasi lagi, tapi bedanyanya ga merah-merah dan perih seperti iritasi alkohol, ini pori-porinya kayak timbul dan kecil-kecil bentol gitu (seperti kalau lagi merinding itu loh tapi warnanya kemerah-merahan bukan putih), tapi ga separah yang karena alkohol, yang ini sebentar aja ilang.. alhamdulillah

Pesan berharga di sini adalah : gunakanlah produk sesuai aturan, jangan kelamaan kontak dengan kulit, jangan berlebihan memakainya, daripada iritasi kan ya.. ataupun biarpun udah sesuai aturan tapi masih tetap iritasi, ya sudahlah terimalah bahwa mungkin bahan tersebut terlalu keras buat kita…lain kali dihindari pokoknya.

Sekilas info aja, aku juga punya pengalaman buruk pake deodoran rexona, inget dulu waktu kelas 6 SD >.< ketiakku jadi gatal-gatal merah gitu, diperiksakan katanya aku alergi deodoran -____-” demi apa! pernah beberapa waktu aku absen dari deodoran, bisa dibayangkan… please, jangan tanya aku pake apa. becanda, aku pake nivea, tawas, ataupun bedak bayi, tapi memang dulu pernah ada waktu dimana aku takut sama deodoran.

aku juga alergi sama lipbalm pixy (dan kemudian dengan lipsticknya juga sehingga, aku sama sekali ga berani make lip product-nya lagi), awalnya aku ga apa-apa, ga ada keluhan, bagus-bagus aja, sampai suatu ketika bibirku rasanya kayak tebel, berpasir (padahal aku ga ada makan pasir), ga enak banget rasanya, bergidil gitu, bintil-bintil kecil seperti komedo di bibir tapi bukan komedo, soalnya aku coba pencet ga ada keluar apa-apanya malah bibirku sakit. hahaha. seperti pori-porinya jadi gede gitu, gak nyaman banget rasanya. aku panik, awalnya aku kira aku salah makan, ga tahunya gara-gara lipbalm, soalnya pas aku pake setitik aja di bibir u/ ngecek benerkah lipbalm tersebut biang keroknya, yang bergidil ya yang kesentuh lipbalm itu aja. akhirnya aku berhenti pake dari semenjak saat itu. jika kamu mengalami hal ini : pakai masker madu di bibir, banyakin doa dan sabar, jangan dipakai lagi “si penyebab”, nanti ilang sendiri asal jangan dikucik-kucik supaya ga tambah parah.

dan baru saja terjadi, aku iritasi gara-gara minyak tanah… tanganku panas sekarang, rasanya kayak kesemutan tapi semutnya itu panas ga mati rasa cuma kayak kebakar lah pokoknya, mantep, kulitku kemerahan mungkin merah bangeeet lebih tepatnya. tadi udah dikompres air keran, di rendam sampai lama, sampai akhirnya dikompres pake oatmeal. Besok mau dikompres mentimun lagi.

Sejauh ini yang paling ampuh : MENTIMUN. I love youuuu mentimun, soalnya benar-benar menenangkan kulit yang iritasi, adem banget rasanya, mengurangi penderitaan sekali. selain itu ada juga beberapa bahan yang bisa dipakai untuk ngompres : Lidah Buaya, Madu, Oatmeal, kompres dengan kain basah kalau di rumah ga ada mentimun, lidah buaya ataupun madu.

Itu cuma adalah penanganan pertama yang bisa dilakukan di rumah, jika iritasinya parah / tidak ada perbaikan / daerah yang terkena luas sebaiknya dibawa ke dokter untuk diperiksakan dan ditangani segera supaya lebih cepat sembuhnya dan ga kenapa-kenapa.

khusus untuk iritasi pada kulit wajah, hindari bahan-bahan yang memperparah misalnya Asam salicilat, tretinoin, AHA, BHA  yang asam-asam kayak air jeruk atau cuka misalnya, yang bisa memicu kulit untuk tambah terkelupas.

Get well soon ya tanganku #amin, jangan aneh-aneh supaya ga iritasi lagi

Tinggalkan Balasan

