Alasan Kenapa Darah Itu Haram?

Hallow 😛

teman-teman semuanya, lama saya tidak menulis di blog lagi..

sungguh kehidupan nyata bener2 menguras energi, pikiran, jiwa dan raga saya, segala macam ujian, baik fisik (praktikum), mental (ujian tulis, plus osce yang penuh tekanan #tsahh), dan segala macam jadwal ujian remedial yang bikin saya sedih banget ini (sedih liat nilai, sedih karena belum bisa liburan dan pulang kampung :'(), stress juga gara2 ada peraturan baru yang membuat saya dan beberapa teman saya galau dibuatnya (peraturan untuk remed ujian tahun pertama mesti ikut adek tingkat..sedihh nya..) saya bener2 galau minggu-minggu ini… #maaf ya curhat colongan hehehe..

tapi, bener2 loh teman2 saya bener2 butuh yang namanya dukungan, motivasi buat saya, supaya saya bisa kuat menghadapi cobaan ini, smoga saya bisa melaluinya, bisa mengambil hikmah dibalik kesulitan ini, dan semoga saya nggak terjerumus di kesalahan yang sama lagi, amin ya rabbal alamin, bener2 minta doanya ya teman2.. please semangatin saya 😥

oke, kembali ke topik saya bikin postingan yaitu :

Kenapa sih darah itu diharamkan untuk dikonsumsi?

pertama sih saya, hanya percaya kalau Allah mengharamkannya berarti itu adalah sesuatu yang nggak baik apapun itu alasannya…

nah, seiring saya belajar, saya menduga… mungkin ada benarnya tapi tidak menutup kemungkinan juga ya kalau saya salah, maklum saya masih belajar…

jadi begini alasannya,

Di dalam darah itu banyak sekali penyakit

yang pertama adalah malaria, sedikit saya ceritakan tentang malaria ya… malaria itu penyakit yang disebabkan oleh sebuah parasit yang ada di dalam sel darah merah, dia merusak sel darah merah kita sehingga timbul gejala macam2 mulai dari menggigill, demam, dan berkeringat (ini gejala utama dari malaria), bedakan ya dengan demam berdarah..! malaria itu disebabkan oleh parasit darah, sedangkan demam berdarah itu disebabkan oleh virus.. terus nyamuknya juga beda ya, nyamuk malaria itu Anopheles sedangkan kalau nyamuk demam berdarah itu nyamuk Aedes aegypti

tau nggak kalau malaria itu bisa menular sebenernya jika kita minum darah orang yang terkena malaria (whattt?!!?) ngeri kan… bukan kena malarianya, masak iya darah manusia gitu lohhh… sadis banget nggak sih itu… tapi sebenernya hal ini bisa terjadi, ada pada sebuah penelitian, tapi pada hewan.. kan wajar ya kalau hewan, apalagi ini hewan karnivora jadi makan mentah2 mangsanya… sedangkan pada manusia nggak ada ditemukan yang namanya malaria menular lewat oral (melalui makanan) karena nggak adakan manusia yang minum darah (baik darah manusia ataupun hewan) dan manusia sewajarnya makan makanan berdaging dengan dimasak hingga matang kan? sehingga parasit-parasit pada mati… ini yang pertama…

oh ya, tambahan.. malaria juga bisa menular pada saat transfusi darah, jika darah yang dipakai adalah darah orang yang menderita malaria atau ada parasit dalam darahnya, tapi itu jika bener2 apes banget, karena kejadiannya sangat jarang sekali… skrining parasit malaria di transfusi darah katanya sih belum ada…

yang kedua, penyakit yang udah pasti terkenal banget.. AIDS atau acquired immune deficiency syndrome, yang udah pasti menular lewat cairan tubuh… absolutely, darah adalah cairan tubuh itu.. entahlah banyak dari kita yang mungkin masih perlu belajar banyak tentang HIV ini… oh ya, di tivi ada iklan yang bagus loh…iklan HIV itu, dan emang bener… orang HIV itu boleh berenang sama2, makan sama2, ciuman, bergandengan tangan, dll boleh aja kok… karena emang penularannya nggak lewat itu… emang sih dalam air ludah pasien HIV ada kuman HIV nya, tapi butuh berliter2 air liur buat nularin ke orang lain.. beda dengan darah loh ya, karena itu yang paling banyak virusnya.. apalagi kalau misalnya teman punya luka terbuka (baik besar maupun kecil, baik tampak atau tidak) trus terkena darah pasien HIV itu bisa nular, trus cairan tubuh yang lain bisa juga cairan dari kemaluan makanya sex bebas nggak boleh karena bisa nularin HIV.. oh ya, tau nggak kenapa orang HIV yang digigit nyamuk nggak akan bisa nularin ke orang lain? hayoooo…? ya karena virus HIV nggak bisa hidup di tubuh nyamuk lagi, makanya HIV nggak menular lewat gigitan nyamuk…hehehe.. 🙂

HIV bukan lagi penyakit tanpa obat loh, karena seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan telah ditemukan obat2an yang ya masih bisa nolong orang HIV lah ya.. walaupun masih harus terus berkembang dan lebih maju lagi… nama obat HIV dikenal sebagai ARV (anti rotavirus).. #saya mesti banyak belajar lagi huuuufftfttf… tapi sekali didiagnosis kena HIV seumur hidup mesti minum obat supaya imunnya nggak drops dan kena infeksi kuman2 gitu… sebenernya kalau ada rumah yang steril tanpa kuman, orang HIV itu bisa aman, sayangnya kuman dimana2 sih..

hmm.. mungkin ini sedikit yang bisa saya bagi… ibu dengan HIV positif sebenernya, sebaik2nya nggak boleh hamil..karena resiko anaknya bisa HIV positif juga.. tapi, kalau sedini mungkin mau berobat, bisa loh bayinya HIV negatif, ada obatnya… ARV tadi, diminum saat hamil.. tapi sedih banget loh, soalnya ibu HIV itu agak repot melahirkannya.. soalnya kasian petugas kesehatannya, resikonya besar, saat melahirkan kan banyak darahnya tuh.. belum lagi, ibu tadi nggak boleh menyusui bayinya kenapa? karena virus HIV itu ada juga dalam ASI (ingat ASI juga cairan tubuh)..jadi sedih banget kan..?

apa lagi ya penyakit yang ada di darah…?

hmmmm…. sementara ini dulu ya.. yang jelas darah itu haram, nggak boleh dikonsumsi… banyak juga zat2 racunnya juga, itulah kenapa darah perlu disaring sama ginjal ya.. untuk memisahkannya dari zat2 sisa…hmmm….

waullahu alam..

sekian ya teman2 makasih udah di baca.. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s