Elektif TB Hari Ke-3

Hallow 😛

Hari ke 3 iniiiii….! Gimana kabar teman2 semuanya? Baik2 semuanya kan?

Wah2 kali ini saatnya saya nyeritakan apa aja yang terjadi pas hari ke-3 elektif TB hohoohoh

Jadi begini:

Jadwal hari ini itu nggak ke puskesmas… tapi di kampus, tepatnya di gedung pustrapmed (pusat keterampilan medik) tempat dimana kami dilatih skill tindakan medis hehehe….

Tema hari ini adalah “Public Speaking”

Jadi itu kami disuruh nyiapin power point tentang modul elektif kita masing2, untuk saya ya tentang tb (tuberculosis/tbc).. oke deh… dengan berbagai cara itu slide jadi, dengan nyari2 di internet gitu… hahaha…

Hari itu jadwal kelompok trapmed saya aslinya siang, tapi digabung dengan kelompok pagi ya sudah deh…

Nahh, bisa ditebak dong…

Saya hari itu berkesempatan tampil!!!!

Nyeyeyeyeykkkk….. buat saya yang nggak biasa #sama sekali ngomong di depan umum gitu… saya gugup asli….cekcekeckcekce… biar gugup tegang asli saya tetep majulah… ga bisa nolak dang a boleh nolak, ini sama aja ujian praktek teman 🙂

Saya ngomong deh di depan teman2 saya…

Jadi begini, public speaking kali ini yang dipelajari itu tentang teknik penyuluhan kesehatan, tema saya adalah bagaimana mengetahui pasien tb dan mengajak untuk berobat ke puskesmas terdekat gitu…

Jadi, saya baru tau…. Mesti setting tempat, mesti tau mau ngomong di depan siapa aja, mesti tau lokasi / situasi nya kayak apa… asli pas saya bikin slide itu ga kepikir mau dibuat ngomong ke siapa….

Jadi taulah secara spontan saya…berpresentasi sebagai dokter dari puskesmas petung, memberi penyuluhan buat warga sekitar terutama RT.03 trus dihadiri oleh bapak RT.03, dan dihadiri juga oleh bapak Samang, sisanya jadi warga….hahahhahaha 😀

Kalian, teman2 mesti tauuu…..

RT.03 petung itu daerah tempat tinggal sayaaaa LOL

Ketua RT-nya itu bapak saya LOL

Bapak Samang selaku tokoh agama yang diundang itu adalah guru ngaji saya LOL (dan memang bapaknya itu pengurus masjid yang alim banget)

Trus puskesmas Petung itu puskesmas di daerah saya… LOL

Sooooo…. Ini REAL semua hahahha….

Ga nyangka…. Tapi saya senang nyebut pak samang loh… semoga barokah ya pak… semoga beneran jadi bu dokter amiiiin…. Saya seneng banget pas “pura2nya” kasih penyuluhan gitu, diperkenalkan oleh MC (yang jadi MC instruktur kami, dr.Khairul hehehe….) “Bapak2, ibu2.. ini ada bu dokter Nur Jannah dari Puskesmas Petung mau memberikan penyuluhan tentang TBC” senangnya dipanggil bu dokter ya Allah… amin ya rabbal alamin….semangat nih belajarnya haruslah….

Taulah demam panggung gitu wkwkkwkw… rasanya bulu2 saya bergidik gitu, terasa di tangan tegang, berdiri deh…ckckck…sangking tegangnya… but, sukses Alhamdulillah…. Bisa bikin ice breaking juga, ada teman yang berpartisipasi kasih pertanyaan… jadi itu klo ada yang nanya harus dipuji ya.. “wah pertanyaan yang bagus sekali!!!” kata dokternya begitu… trus minusnya nih kata dokternya… slidenya kurang menarik LOL iyaaaaa bener,,,,ga ada gambarnyaaaa! Iya saya emang males searching gambar buat slide… ini postingan aja polos ga ada gambar… #ga menarik ya? Wkwkkwkw…. Trus bilangnya gesture saya udah bagus kakinya ga ada goyang2 (iyakah? Saya nggak sadar…. Dan kayaknya klo public speaking itu gerak tubuh kita itu diperhatikan banget ya sama penguji..saya nggak sadar) trus saya masih butuh penekanan…misalnya “1 pasien TB bisa nularin ke 10-15 orang disekitarnya… jadi, bapak2 ibu2,,,nih klo ada yang batuk, kita semua bisa kena seruangan ini” sambil pakai kedua tangan meragakan gitu… soalnya saya bawakannya datar hahahahaha…. Ga ngerti deh… kurang intonasi yang naik turun itu katanya… trus apalagi ya,… oh ya, penekanan pas di akhir persentasi harusnya lebih ditekankan lagi…”jadi bapak2 ibu2, nanti di rumah, kalau ada yang kira2 sakit tbc kayak yang saya jelaskan tadi, tolonglah dibawa ke puskesmas, tenang aja obatnya gratis dibiayai pemerintah gitu  katanya mesti ditekankan lagi pas penutupannya… jangan lupa kasih kesempatan bertanya juga ya…

Gitu feedback buat saya…. 😛

Kata dokternya public speaking itu antara bakat dan emang hasil latihan… yang kurang2 itu bisa dilatih… pasti bisa kok ngomong jadi pembicara di depan umum hehehe…

Soalnya kan dokter mau nggak mau pasti ada kesempatan dimana kemampuan public speaking itu dipakai, jangan sampe jadi bahan tertawaan penonton harus serius latihannya hehehe… 😀

Trapmed selesai jam 11-an klo ga salah… kan, kelompok trapmed itu dari macam2 pilihan blok elektif, ada anak fito, anak TB, anak malaria n anak okupasi… okupasi dan malaria jam kosong jadi bisa langsung pulang…. Yang TB sama fito masih ada kuliah lagi T.T

Jadwal saya selanjutnya ke rumah sakit umum,,,, manajemen pasien TB di rumah sakit…so, jas lab. Masih perlu nempel di tubuh nih…ckckkc…

Lanjut di RS, ternyata kami nemuin pasien baru hehehe… 😀 asyiiiiik

Lagi, kami nemuin pasien perkelompok, kelompok 1 ketemu pasien efusi pleura, kelompok 2 ketemu pasien pneumotoraks, dan kami kelompok 3 ketemu pasien asma bronkiale akut…

Pengennya liat tiga2nya T.T

Yang saya temuin itu ibu2 dengan serangan asma pertama kali.. hasil foto toraks penderita asma itu normal aja, trus yang khas pasien kesulitan buat ekspirasi jadi ada retraksi pada otot2 pernapasan… mereka ekspirasinya jadi gerak aktif… itusih yang pokoknya…sisanya banyak lagi..

Trus habis itu kami ngumpul di depan alat yang bercahaya itu namanya apa sih yang buat naruh hasil rontgen buat dibaca ituuu… kami liat mulai dari efusi, pneumotoraks, dan asma.

Nah, dari efusi dulu… di ujung paru nya tumpul ga lancip… berarti kemungkinan efusi.. efusi itu ada cairan di pleuranya…

Trus liat yang pneumotoraks, dilihat paru kanannya kolaps, ketarik ke kiri, kata dokternya ada yang bocor, jantung ketarik ke kiri, paru kanan juga keikut… dijelaskan ada 3 pneumotoraks itu yaitu terbuka, tertutup, dan ventile. Yang terbuka contohnya itu kalau orang ketusuk benda tajam dadanya bocor, udara keluar masuk gitu… trus yang ventile, seperti ban,,, udara bisa masuk tapi ga bisa keluar, jadi setiap napas, udara masuk ke tempat yang bocor, jadi di dalam T.T penatalaksanaannya dengan MSD selang drainase yang dipasang ke paru dengan menerapkan hukum fisika (bu nurul, maafin saya yang suka remed fisika dulu pas sma ya bu…semoga masih ingat apa yang ibu dulu ajarkan amin) selangnya disambungin ke tabung air, normalnya ada gelembung udara dan undulasi (selangnya naik turun). Klo ga ada gelembung udara mungkin aja selangnya buntu, dll… oh ya, klo pneumotoraks diisi air batasnya itu lurus kayak sifat cairan lah,.. istilahnya hidropneumotoraks/fluidopneumotoraks, klo nanah namanya piopneumotoraks, kalau darah namanya hematopneumotoraks,… kalau hasil rontgennya ada lubang putih di tengah2 gitu kemungkinannya abses atau tumor mungkin… klo tb kan bintik2 putih di apeks paru, biasanya di satu sisi aja,,,, klo bintik2nya kecil2 rata gitu, maybe tb milier… (asli ini apa yang dokternya omongin semua, Alhamdulillah masih inget ^^)

Terus kami lihat foto toraks ibu2 yang asma tadi,…. Hasilnya paru normal, soalnya asma kan kelainannya karena saluran napasnya menyempit jadi udara ga bisa lewat, sehingga klo buang napas ada suaranya atau bengek lah istilahnya…. Oh ya, disitu ada artefaknya taulah,,,soalnya pas difoto toraks ibunya pake baju blink-blink jadi ga nimbus sinar x nya, jadi kebentuk bintik2 putih yang rapi gitu, berbentuk segitiga,.. dikira tb ibunya, sekalinya itu blink yang dibajunya ibunya, dokternya bilang klo tb ga mungkin sesimetris ini,,, curiga jika ada putih2 di apeks dan di satu sisi paru aja… lagi pula pola putih2 itu di daerah tengah, di hilusnya,, dan précis yang dipake ibunya ckckkckc….

Udah dehh….. hari ke 3 selesaiiii

Seru yaaa….

Sekiaaan makasih dah dibaca2 tulisan ini,,,, moga jadi kenangan indah, dan pengalaman yang tak terlupakan dan ilmunya diinget terus, amiiin

Dadadaadadahhhhhh,.,,,, 😛

Tinggalkan Balasan

