Elektif TB Hari Ke-2

Hallow 😛

apa kabarnya nih teman2 semua, semoga Allah memberikan kesehatan buat kita semua amiiin 🙂

hari ini saya mau ngelanjutin cerita saya tentang Blok 12 Elektif TB hari ke-2 tanggal 28 Mei 2013

ehhhmmm, apa aja sih yang saya lakukan di hari kedua elektif TB ini?

uaaaa, saya inget2 dulu ya, sebelum memorinya ilang hahaha….

hari kedua, Selasa.. hari itu masih sama saya mesti bangun pagi, dijemput Gita di kost buat bareng ke rumah Daniel….

Hari ini jadwal kami kelompok 3 itu adalah pemeriksaan sputum (dahak) untuk menjaring pasien yang terkena TB aka tuberculosis…

Nah, kami otomatis banyak berurusan sama laborannya ya kan,,, ibunya baik banget mau bantuin kami, dan kasih contoh gimana cara meriksa sputum TB.. sama seperti pemerikaaan BTA untuk lepra/kusta/morbus Hansen yang udah kami pelajari pas blok 11 kemaren hehhehe…

Jadi yang serunya itu…

Kami ketemu kakak2 koass yang lagi koass stase ikm (ilmu kesehatan masyarakat) yang ditugasin di puskesmas lempake ini… jadi kan kami berenam… kami ganti gentian ikut nungguin di poli umum, kalau2 ada pasien yang batuk dan perlu diperiksa dahaknya…

Pertama itu iska sama winda yang jaga, trus berapa menit gitu dapet pasien ibu2… trus dibawa deh ke lab, disitu ibunya disuruh masukin dahaknya ke wadah… ini dahak sewaktu ya, besoknya ibunya di suruh balik lagi buat bawain dahak pagi hari dan dahak sewaktu pas balik ke puskesmas,,ingat SPS!!

Nah, kedua giliran saya sama Daniel yang jaga di poli umum,, disitu saya duduk gitu kan, saya sih ngeliatin dokter2nya periksain pasien2nya, ada ibu2 yang berobat karena kutu air eh ternyata DM (diabetes mellitus/kencing manis), ada juga orang yang kata kakak2nya disitu “agak2” dalam artian orangnya ga jelas, pas pasien ini dateng asli saya takut hahaha…. Habis omongannya gede banget ngelantur gitu nah… ada juga pasien2 lainnya… saya nontonin aja..nunggu klo ada pasien yang batuk hahaha… si Daniel juga diem aja, kami ngomong kalau ditanya atau diajak bicara sama kakak koasnya selebihnya kami diam hahaha… sampe saya mulai merasa bosan, dan undur diri halaaah… “kak, saya ke sana ya(ke lab. maksudnya) siapa tahu lagi diperiksa dahaknya”  gitu deh saya ngomong… “oh iya dek, gentian aja temennya sepuluh menit kesini buat dicek ya…” cepet2 deh saya ngabrit keluar hahaha…

Eh taulah, si Daniel saya tungguin ga keluar2… katanya sih ga bisa lewat hahaha… dia cerita di lorong puskesmas, katanya dokternya cantik ckckckk… bisanya coba…. Makanya dia bilang dia betah nungguin disitu ckckkc…(terus deh, semenjak itu setiap ke puskesmas dia ngomongin si dokter cantik hahaha…)

Udah deh, pas di lab, ternyata udah jadi sediaannya, si iska dan winda, nadia dan gita yang nontonin,,,katanya iska ngerekam, dan bilangnya sama aja kayak BTA MH(morbus hansen). Oke deh, giliran gita sama nadia yang jaga… 🙂 lumayan lama jg mereka di poli itu… entahlah apa yang terjadi hahhaa…. Sampe akhirnya mereka keluar juga, katanya bosan hahaa…

Terus giliran winda sama iska, sekitar 10 menit mereka di poli, mereka dapet pasien kai2 udah tua yang batuk berdahak selama 1 bulan, kasian ya kainya… jadi dahaknya diperiksa,,,,

Iska dan winda yang ngejagain kai2 itu, nuntunin ke apotek juga… ^^

Oh ya, di depan lab, saya ada ketemu bapak2 yang kayaknya kesakitan banget… saya tanyain “Bu, bapaknya kenapa?”  kata ibunya (istri bapak itu), tangan bapaknya keram, tapi bapaknya itu kayaknya menggigil dan sampe keringetan gitu… tau ga apa yang saya pikirin? Pertama saya kasihan…. 😦 trus nebak kira2 bapak ini sakit apa… yang kebayang malaria!! Bingung juga demam dan menggigil malaria itu pas siang kah? Dibuku katanya malam hari -_-“ trus emangnya ada keram??? Klo keram kan hubungannya ke syaraf atau gara2 sirkulasi darahnya gak lancar…. Asli binguuung, ya Allah saya mesti banyak belajar nihhh… ga tau deh bapaknya tu sakit apa…

Trus lanjut lagi tentang pencarian kami untk menemukan kasus TB, kami periksa 3 dahak pasien…

Udah deh, hasilnya dahak sewaktunya hasilnya negative semuaaa…(Alhamdulillah, dalam hati saya senang ga ada yang sakit TB^^)

Oke, sesuai jadwal kami di puskesmas itu Cuma dari jam 8-11 pagi aja… so, kami balik deh…

Hari itu jadwalnya ada kuliah dari dr.Emil di kampus…

So, sekitar jam 1 mungkin, kami kuliah… lebih tepatnya kayak sharing begitu kami banyak tanya2 ke dokternya heheheh…. Dan disitu dokternya ngecek laporan sementara dari kasus kelompok kami (yang dari RS di hari ke-1 kemaren) disitu kami dilajari bagaimana menulis hasil anamnesis yang bener… asli udah dilajarin di trapmed(keterampilan medis) tapi aplikasi langsungnya masih belum maksimal nih…. So disitu kami mesti memperbaiki2 lagi hehieiheheiehi…

Oh ya, serunya kami saling bertukar cerita dengan kelompok2 lainnya yang dikirim ke puskesmas berbeda, seruuu… kata temen kelompok 1, puskesmas Temindung banyak pasien TB sama kusta juga… bahkan ada yang udah kategori 2 (kategori yang gagal obat TB kategori 1, asli diobatinya harus disuntik setiap hari,, so yang lagi pengobatan TB kategori 1 jangan malas ya… itu nyawa teman2 semua, yang nurut sama dokternya…supaya ga sakit lagi ga nularin orang2) bahkan pasien tersebut punya bayi yang diduga tertular juga, tapi katanya sih setelah diperiksa Cuma batuk biasa, entahlahhhh… trus anak2 puskesmas Sempaja.. disitu mereka juga sama sulitnya nungguin pasien TB haha… sama dong.. tapi katanya mereka akhirnya dapet juga… (kurang lengkap nih cerita2 kelompok 2 ini…)

Udah deh….selesai itu pulang…. Hari ke-2 berakhir.,..

Sekiannn ya teman2….

Kisah yang nantinya akan jadi pengalaman yang berharga buat saya… kapan2 saya baca lagi hahaha… 😛

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s