Visus 20/15 ???

Snellen_chart.svg

Hallow Friends! 😀

entah kenapa lagi rajin nih buat ngeblog hehhe… semoga bermanfaat aja ya dan semoga tulisan ini bisa mengingatkan saya supaya bisa jadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi amin ya rabbal alamin 😀

~*~

nah, hari ini saya responsi (uji keterampilan yang udah dilajarin dengan latihan terbimbing) tentang pemeriksaan visus mata. saya maju duluan haha… nggak terlalu paham juga sebenernya. diinstruksikan oleh pembimbing kami, kalau juga dikoreksi ya nanti visusnya (kayak menentukan minus atau plus berapa)

saya berpasangan melakukannya, gantian yang jadi dokternya siapa sama pasiennya..gitu deh… nah, untungnya teman yang saya tes itu matanya normal jadi nggak perlu dikoreksi visusnya \yey/ yah, nggak perlu repot2 gitu deh hehe… abis masih belum ngerti juga… so saya nontonin aja teman yang emang pake kacamata buat dikoreksi visus nya…

nah, kenapa saya kasih judul visus 20/15 ?

karena itu tadi saya dapet visus itu buat teman saya hahaha….

dan saya baru tau tadi…

Visus : adalah nilai ketajaman penglihatan tanpa akomodasi

jadi kalau udah ada akomodasi gak diitung…

jadi harusnya visus nya 20/20 hahhaa… 😀

~*~

sedikit berbagi ilmu… #semoga bermanfaat dan amal jariyah amin 😀

jadi apa sih visus itu?

Visus adalah angka yang menunjukkan nilai ketajaman penglihatan mata kita. ada beberapa angka yang biasanya menggambarkan visus. yang pertama 6/…, 20/…, dan 0,….

yang awalnya angka 6/… –> berarti pakai satuan meter.

yang angka 20/… –> berarti pake satuan feet (kaki).

contoh :

visus 20/40 artinya pasien dapat melihat pada jarak 20 ft (feet) sedangkan orang normal dapat melihat pada jarak 40 ft.

kalau yang 6/… berarti hitungannya meter ya… 😀

cara melakukan visus nya… menggunakan snellen chart (yang huruf2 itu…) trus kita diminta berdiri dengan jarak 6 meter dari snellen chart… trus pas mata kita diperiksa, mata yang lain ditutup dengan tangan (tanpa ditekan, dan tangan di cembungkan ya… jadi mata yang satunya tetep terbuka cuma ditutupin gitu) trus disuruh baca deh sesuai yang ditunjuk sama si pemeriksa

trus cara menentukan visus yang di snellen chart itu…

jika yang diperiksa bisa menyebutkan lebih dari setengah huruf pada baris tertentu –> visusnya adalah pada garis itu.

jika huruf yang bisa dibaca dengan benar kurang dari setengah pada baris tertentu –> visusnya adalah garis sebelumnya.

nah, misalnya dengan mata telanjang kita sama sekali nggak bisa baca huruf snellen satupun.. bahkan huruf paling gedenya nggak kebaca…

maka :

gunakan petunjuk jari –> ditanya berapa angka yang ditunjukkan.. pemeriksa berada di samping snellen chart, pasien masih ditempat tadi (yang jarak 6 meter) kalau bisa dijawab dengan benar visusnya 1/60

jika dengan jari gagal–> gunakan lambaian tangan… jika terlihat visusnya 1/300

jika dengan lambaian tangan tidak terlihat –> dengan cahaya… dengan jawaban ya/tidak apakah cahaya terlihat atau tidak, visusnya 1/~

~*~

kayaknya kurang lebih begitu ya…

tadi sempet ngeliatin teman yang melakukan koreksi visus.

Koreksi visus ituuu… kalau misalnya ada gangguan pada ketajaman penglihatan bisa dikoreksi dengan lensa.

kayak mau pake kacamata begitu..

pertama gunakan alat yang namanya trial frame sebuah frame yang kayak kacamata yang lensanya bisa diganti-ganti.

di ukur apakah rabun jauh atau dekat… trus lensanya dicoba satu-satu sampe cocok dan visusnya bisa lebih bagus.

haha… kasih tau saya ya kalau ada yang salah…

saya masih harus belajar lagi nih…

moga2 ilmu yang saya dapat bisa berkah dan manfaat ya…

amin ya rabbal alamin… 😀

Iklan

2 thoughts on “Visus 20/15 ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s