Sunblock Itu Bukan Cuma Cream

Hallow πŸ˜›

sahabat2 semuanya…

saya balik lagi, mumpung lagi mood buat nulis ini heheh… semoga tulisan ini bermanfaat ya buat kita semua aminn…

pertama2, doakan saya ya… kalau rejeki nggak kemana bisa jadi dokter spesialis kulit kelamin, insya Allah kalau Allah menghendakinya amin ya rabbal alamin.

sekedar berbagi sedikit ilmu dari apa yang saya miliki yang maha terbatas ini..

~*~

Sunblock dari katanya sendiri berarti perlindungan terhadap sinar matahari. biasanya sunblock yang ada itu berisi perlindungan terhadap UV A dan UV B.. ada istilah SPF dan PPA+++ yang berisi kadar perlindungan tertentu yang ada batasan waktu tertentunya sendiri.

nah, perlu dipahami ya, sunblock itu kan nggak cuma dalam bentuk cream saja. tapi pakaian kita juga adalah sunblock. yaitu sunblock yang sifatnya fisik. selain itu ada payung, ada kaus kaki dan sarung tangan, atau jilbab mungkin bagi muslimah yang senantiasa melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

kalau biasanya para cewek suka pakai sunblock hanya untuk wajah saja, bagaimana dengan kulit bagian yang lain seperti tangan kaki atau daerah yang terbuka lainnya? kan masih sama2 kulit juga.

seiring dengan majunya teknologi, informasi gampang banget kita peroleh ya kan.. udah banyak orang yang sadar akan bahayanya terkena paparan sinar matahari langsung dan dalam waktu yang lama, selain efek keindahan kulit yaitu kulit jadi gosong atau kemerah2an kepanasan. ada bahaya lainnya yang ngeri banget, yaitu kanker kulit, kanker tahi lalat (melanoma), plek hitam (melasma), alergi sinar matahari (dermatitis alergi karena sinar matahari), dll

terutama buat teman2 yang punya tahi lalat hati-hati ya.. kalau tahi lalatnya berada di tempat tertutup insya Allah aman-aman aja, tapi bahaya jika sering kepapar sinar matahari.

ciri-ciri keganasan pada tahi lalat:

1. berubah bentuknya jadi tidak beraturan

2. berubah warnanya

pokoknya selalu perhatikan tahi lalat anda

kita yang tinggal di daerah tropis ini emang mesti hati2 sama sinar matahari ya… oh ya, orang yang kulitnya lebih gelap biasanya lebih kuat terhadap sinar matahari karena melanin (pigmen kulitnya) lebih banyak, yang fungsinya u/ perlindungan alami.. tapi kalau kebanyakan juga berbahaya (dalam hal ini melanoma).

~*~

oke sekian secuil yang bisa saya sampaikan.. sedikit tapi semoga bisa bermanfaat

kalau ada kekurangan mohon dimaklumi karena saya masih dalam tahap belajar

kalau benar berarti semata-mata berasal dari Allah swt…

wasalam πŸ™‚

p.s :
saya barusan bikin bloglovin’ πŸ™‚
Follow my blog with Bloglovin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s