For Maba With Smile….. :)

Assalamualaikum wr.wb teman-teman semuanya🙂

 

Hari ini saya mau sharing salah satu pengalaman saya waktu daftar ulang snmptn undangan tahun 2011 yang lalu di Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur. Karena momennya pas dengan adik-adik 2012 yang sedang mencari-cari informasinya hehe… dan dari yang saya baca di facebooknya unmul katanya websitenya lagi gangguan ya.. ya adek2, yang sabar ya menunggu hehe..

 

 

Kalau mau lihat tulisan saya yang terdahulu tentang daftar ulang snmptn undangan yang saya tulis ketika akan berangkat ke Samarinda, dan menunjukkan betapa ababil-nya saya (ababil= anak baru yang labil ya..) silahkan lihat sendiri di sini (https://jannahkha.wordpress.com/2011/05/30/daftar-ulang-snmptn-undangan ) jangan nyesel setelah ngeklik ya..hehe

 

Oke langsung aja, setelah dinyatakan lulus snmptn undangan sudah pasti seneng banget kan.. ^^ selamat ya adeik-adik semuanya….. : ) tapi, gak boleh lama-lama santainya harus nyiapin berkas-berkas buat kuliah kan… berikut ini adalah pengalaman pribadi saya aja, kalau tahun ini ada perubahan ya ikutin yang tahun ini ya : )

 

Tahun lalu pengumumannya klo nggak salah ya 18 Mei mungkin (sudah lupa) dan dari info yang saya dapatkan di website unmul à http://unmul.ac.id daftar ulang untuk 2011 adalah 31 Mei dan 1 Juni 2011. Nah, di jeda waktu itu saya ikutin terus perkembangan informasi di facebook dan di website.  Informasi yang saya dapatkan untuk daftar ulang waktu itu adalah:

  1. Daftar ulang snmptn undangan 2011 terdiri dari daftar ulang I dan daftar ulang II. Daftar ulang I untuk verifikasi artinya bersedia menerima keputusan diterima di unmul (klo nggak verifikasi kelulusannya hangus) dan daftar ulang II yang merupakan daftar ulang yang sebenernya (bener-bener daftar sbg maba), di website ada informasi lengkap tentang apa aja yang dibutuhkan buat semua proses kita sebagai maba.
  2. Waktu itu, pas daftar ulang I, disuruh bayar uang Rp.100.000; di rekening bendahara penerima unmul yang di Bank BNI sebelum daftar ulang I. à ada pengalaman menarik tentang ini, so baca terus ya..

 

Saya ke Samarinda itu tanggal 29 Mei 2011, nginep tempat saudara di Jalan Slamet Riyadi *klo ga salah alamatnya, karena saya orang baru di sini saya nggak tahu ternyata jauuuh banget ya kalau ke unmul. Tanggal 31, ke rektorat unmul bareng mama saya yang tercinta❤ (I love you so much, ma..). ya Allah, Gusti nu Agung… jangan bayangkan yang bagus-bagus ya… masya Allah, Samarinda macet!! Perjalanannya lama banget, mana saya dan mama kan mesti naik angkot 2x untuk menuju TKP. Hari itu, selain daftar ulang anak snmptn undangan juga hari itu kan lagi ujian snmptn tertulis, harinya sama lagi… mau tahu alasannya apa? Supaya nggak dobel2, kalau diterima snmptn undangan tapi, mau ikut snmptn ujian kan yang undangannya jadi gak diverifikasi jadinya hangus, mau nggak mau salah satunya aja kan jadinya.. lanjut ya, di rektorat rameeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee banget antriannya panjang ya Allah, kayak bagi-bagi BLT gitu, pake no. urut masuknya lagi.. dan saya dapat urutan seratusan.. pokoknya dari jam 8 nyampe, jam 10 baru masuk ke ruangan. Oke ini yang penting yang dipake buat daftar ulang adalah:

 

  1. Raport asli
  2. Kartu bukti peserta snmptn undangan

 

Nah, gini cerita yang bayar-bayar itu. Saya kan orangnya nyante banget,dek. Jadinya lambat2 baru bayar, selain karena sok sibuk dengan urusan yang gaje, dan lain sebagainya saya bayarnya biasanya pas udah mau deket deadline. Tapi, sangking updatenya saya online di facebook dan membaca cerita teman-teman saya yang juga lulus undangan itu, mulai dari pertanyaan: bayarnya di bank mana aja, kapan terakhirnya, gimana ini dan gimana itu. Saya kan jadinya takut gimana gitu juga, jadi deh saya bayar agak awal gitu, tanggal 24 Mei 2011, di bank BNI di kota saya tercinta. Tapi, entah nasib atau apes atau apa ya..  jam 10.49 Wita saya bayar, ditandatanganin dan distempel saya itu petugas bank, saya pulang dan online lagi *hadeehh DAN APA?? Demi apa?? Jam 11.00 WITA di website unmul ngeluarin pengumuman dari rector untuk membatalkan pengumuman sebelumnya (masalah bayar-membayar itu). Dan apa? Saya hanya bisa menarik napas dalam-dalam..huuhu seandainya besok2 saya bayar..huhu.. katanya sih bisa minta dibalikin di rektorat tapi, tahu kan “barang yang dibeli tidak dapat dikembalikan” hehe… walaupun katanya bisa, tapi urusannya bakal ribet dan bakal bolak-balik lagi.. ya sudah, sesuai nasihat ibu saya, saya ikhlaskan saja uangnya, anggap sedekah biar cepet ikhlasnya hehe.. tapi, nggak tahu dengan temen lainnya yang sudah bayar apakah bener-bener kembali uangnya ya… *tapi itu dulu, dek.. tahun lalu.. nggak tahu ya sekarang

 

 

Nah, yang pentingnya sih, selain curhatan saya ya yang gak penting itu.. ya apa yang terjadi di ruang rektorat itu kan… yang jelas raport asli bakal ditahan di rektorat, terus kartu peserta snmptn undangannya dikasih stempel lulus/sudah registrasi : ) sama orang rektorat.. kalau nggak salah sih dikumpulkan juga pas daftar ulang ke-duanya nanti, soalnya punya saya juga sudah gak ada nih.. *kecuali arsipnya.. masih ada heheh…. terus dikasih selembaran informasi tentang daftar ulang yang “sebenernya” yang so pasti lebih capek daripada daftar ulang I terutama bagi adek2 yang asalnya jauh dari Samarinda kayak saya ini.. oke, sudah.. habis itu tinggal nunggu pengumuman hasil verifikasi di webnya unmul *lagi.. oh ya, web itu memang suka down jadi bagi adek2 yang lagi hoki pas online bisa buka itu web, manfaatkan sebaik-baiknya karena siapa tahu pagi adek bisa buka, malam pas mau ada keperluan eh, nggak bisa… harus bener2 untung2an!

 

Nah di surat yang dikasih itu tulisannya kita disuruh ngecek hasilnya di website unmul, sama tanggal berapa kita harus datang lagi ke unmul buat daftar ulang II, tahun lalu 5-30 Juli 2011 dengan ketentuan:

  1. Membawa ijazah asli dan fotocopy+legalisir 1 lembar
  2. Fotocopy+legalisir raport 1 rangkap
  3. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari poliklinik FK UNMUL
  4. Membayar spp + dpf

 

Pokoknya dek, seruuuu banget… apalagi komentar-komentar di facebook itu bikin dag dig dug seeerr.. kadang-kadang pertanyaannya aneh-aneh nyeleneh, masalah-masalah yang dihadapi, sama pemberitahuan mendadak nya itu looo…. SELAMAT MENIKMATI!!!!!!

 

Pengalaman tahun lalu, dari yang di kertas tulisannya tanggal 5-30 Juli 2011 diundur jadi bulan Agustus 2011 kalau nggak salah tanggal 1-31 Agustus 2011, saya datang ke sini lagi tahun lalu itu tanggal 3 agustus 2011, dan itu lumayan lama di sininya, sempet bolak-balik rumah-samarinda pp 4x dalam sebulan padahal perjalanannya 6 jam jalur darat *uhuk-uhuk… demi berbuka puasa bersama keluarga di rumah ^^

 

 

 

 

Dek… ini pesan dan kesan saya hehe:

  1. Pesannya : untuk raport asli sebaiknya difotocopy dulu berrangkap-rangkap kalau perlu, dan dilegalisir sama kepsek. Soalnya raport itu ditahan di rektorat. Dan untuk daftar ulang II kalian disuruh ngumpulin fotocopy + legalisirnya. Bagi kalian yang di Samarinda sih enak, tinggal ke rektorat minjem itu raport, fotocopy trus balikin lagi ke rektorat. Lha kalau rumah kalian ratusan kilometer dari rektorat???? *kayak saya… bisa dibayangkan betapa repotnya kan… : ) *PENGALAMAN PRIBADI TEMAN DEKAT SAYA YANG MESTI BOLAK-BALIK CAPEKNYA GARA_GARA BELUM LEGALISIR RAPORT
  2. Pesan : jaga kesehatan, tetep semangat mengikuti setiap alur pendaftarannya.. karena pengumuman itu bisa berubah sewaktu-waktu jadi harus update ya…
  3. Kesannya: bener-bener berkesan.. perjuangannya, usahanya, capeknya, semuanya.. mana pas daftar ulang II tahun lalu itu bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan 2011…😥 pertama kalinya puasa jauh dari rumah..huhuhuhuhuhuhu…
  4. Pesan: sebaiknya pas ada waktu santai pas di rumah itu digunakan untuk ngurus berkas-berkas tinggal di sini, kayak bikin ktp klo sudah 17 tahun, sim, dll yang diminta.
  5. Saran : sekarang ini adalah masa-masa dimana unmul menjadi sangat sangat sangat ramai, dek.. jadi sabar antrinya ya… nanti pas daftar ulang II itu disuruh tes kesehatan di poliklinik fk unmul, yang antrinya lamaaaaaaaaaaaaaaaa… harus pake karcis, dan sering nggak dapat karcis, huhuh.. saya sama mama bela-belain datang ke poliklinik jam 6 pagi jalan kaki dari perjuangan 2 huwohuwooo… : ) jadi semakin cepat semakin baik buat tes kesehatan ya.. *kalau sudah dibuka.
  6. Pesan : selain persiapan fisik dan mental… *smile juga perlu persiapan dana yang tidak sedikit, mulai dari biaya transportasi kemana-mananya, biaya tinggal di sini, uang makan, uang buat mengurus berkas-berkas, biaya kuliah yang terdiri dari uang spp semester 1 dan uang dpf (dana pengembangan fakultas) yang biayanya beda-beda untuk tiap fakultas.. biasanya pengumumannya menyusul.. trus ada biaya almamater, uang anggota kopma unmul, bayar tes kesehatan, uang buat fotocopy2 dan mencucikan pas foto, dan macam rupa-rupa deh.. ada beli buku, ada jas lab, ada paket maba yang disediakan sama BEM fakultas, dll deh pokoknya.. siap-siap aja, tidak sedikit de’ pengeluaran pas jadi maba hehe… kecuali, adek anak bidik misi atau beasiswa lainnya yang Alhamdulillah sih katanya gratis/ditanggung beasiswa J tapi, teman saya yang dapat bidik misi katanya sih katanya ada yang dia tetep harus bayar sendiri gak dicover beasiswax.. *smile
  7. Saran : kalau dapat kertas apa-apa aja, difotocopy buat arsip, minimal buat kenang-kenangan,,, saya fotocopy kartu peserta snmptn undangan, ngeprint bukti di terima snmptn undangan 2011 itu, sama slip-slip pembayaran… penting, soalnya ntar kalian bakal punya banyak slip pembayaran dari berbagai macam bank…haha.. *buat arsip lah
  8. Saran : jangan mudah panic sendiri *kayak saya.. info-info yang adek dapat jangan ditelan mentah-mentah, ikutin aja alurnya dan tetep istiqamah… biasanya akan hal ini akan dialami oleh anak yang suka online dan aktif di jejaring social, sangking banyaknnya informasi yang dia himpun *kayak saya lagi… contohnya: ga sabaran dengan informasi, jadi was-was sendiri, pernah membaca postingan di fb katanya akan ada psikotest-nya.. (berbeda tiap fakultas) .. kan jadi bingung sendiri, eh ternyata psikotestnya itu nggak mempengaruhi nilai dan status kita diterima/gak.. tesnya pas semester satu sudah berjalan (contoh: fk unmul).
  9. Saran dan Pesan : PENTING!! Berdayakan koneksi adek-adek dengan kakak tingkat/sodara/tetangga/teman/mantan pacar/pacar/sepupu/keluarga jauh/senior yang sudah berpengalaman dari fakultas yang sama dengan adek, atau minimal mahasiswa di universitas yang sama dengan adek… bisa nanya2 apa2 yang mesti dilakukan, pinjam-meminjam, dll : ) contoh yang urgen adalah : almamater : )

 

Dan lain sebagainya… pokoknya terasa banget perjuangannya itu pas daftar ulang ke-dua… ya dek, kalau daftar ulang ke-2 itu ada alurnya sendiri, bahkan bisa dibuat peta kalau mau…haha. Kalau postingan ini isinya kebanyakan pengalaman pribadi saya pas daftar ulang I dan sekilas pengalaman daftar ulang II saya tahun 2011 yang lalu.. pengalaman setiap orang beda-beda, jadi jangan disama-samakan dengan yang lain.. dan ini adalah tulisan yang sifatnya subjektif sekali dengan pendapat saya aja, belum tentu adek-adek akan mengalami seperti yang saya alami atau mungkin pengalaman adek nanti akan lebih seru daripada saya dan lebih memacu adrenalin adek-adek, hahahahaha….. kurang lebihnya saya mohon maaf ya, yang baik ya disimpan yang buruk jangan diambil hati… saya hanya cerita aja, hehe… postingan ini bukannya nakut-nakutin loh ya, isinya walaupun aneh gini, tapi ini fakta dari sudut pandang saya… semoga tahun 2012 ini lebih baik lagi mekanismenya.. jangan jadi takut atau gimanaaa gitu setelah baca ini ya..hahah…  *resiko ditanggung pembaca :*

 

Sekilas info alur daftar ulang II yang akan segera menyusul setelah adik-adik melewati daftar ulang I, ini yang saya lakukan ya.. *blm tentu sama setiap orang:

 

Auditorium –> ke bank (BNI, BTN, BanKaltim) –> online (sireg&portal) –> cetak KRS –> ke akademik –> ke kopma bikin almamater –> ke akademik lagi (ngumpul foto) –> ke auditorium lagi –> sampe selesai semua urusan.

 

Tambahan: diantara alur2 di atas terselip alur berikut: Ke poliklinik fk unmul (tes kesehatan) à ke poliklinik lagi (antri) à ke poliklinik lagi (huhu..) à sampe dapet keterangan sehat… kesalahan saya adalah tidak tes kesehatan pas awal-awal, jadinya harus antri bersama-sama maba seluruh unmul huhu.. jadi ini juga yang ngelama-lamain saya di Samarinda waktu itu, gara-gara blm dapat surat keterangan sehat.. kan kalau sudah ada, berkas2 lengkap, ke auditorium, selesai🙂

 

PENJELASAN: Biar kelihatannya biasa aja, tapi aslinya ke tempat-tempat di atas nggak cukup sekali dua kali, tapi berkali-kali, soalnya jaraaaaaaaaaaaaang banget gitu nah sekali jadi hehe.. yang pertama harus didatangin adalah ke auditorium, datang trus entar disuruh balik lagi buat ngelengkapin berkas, bank-nya juga beda-beda tergantung keperluan + fakultas apa.. kalau saya bayar spp+dpf di bank kaltim, bayar tes kesehatan di bank btn, bayar almamater+iuran kopma di BNI.. online??? Sering banget online-nya, registrasi online buat ngurus KRS semester 1 *buat pertamakalinya di http://sireg.unmul.ac.id dan isi krs di http://portal.unmul.ac.id dan registrasi praktikum agama Islam (bagi maba yang muslim) di…mana ya alamatnya saya lupa.. trus itu dicetak semuanya berkas2nya.. ke akademik, isi data2 sama diminta foto almamater.. so, harus nunggu almamater jadi (ngambilnya di kopma unmul, radio radio apa gitu) kalau saya dulu pinjem kakak tingkat : ) baru dikumpulkan ke akademik, -oh ya pas di kopma unmul itu selain slip pembayaran ada juga berkas2+pas foto yang dibutuhkan buat bikin almamater-, habis itu ke auditorium lagi… ngembalikan form berkas2, slip bayar-bayar, ambil kartu mahasiswa, dll…sampai selesai🙂 bisa pulang kampong deh, nunggu hari pertama kuliah… : 0 tahun lalu hari pertama semester 1 adalah 5 September 2011 : )

 

Terakhirrrrr… buat adik-adikku, terutama adikku fachri yang akan berjuang dalam snmptn ujian 2012 di saat teman-teman sekalian daftar ulang snmptn undangan 2012 ini, semoga postingan ini menjadi amal ibadah buat adekku, fachri, menjadi doa buat dia, menjadi kekuatan, support, dan semoga menjadi keberuntungan buat fachri, amiiiiin semoga Allah memudahkan fachri buat mengerjakan soal-soal snmptn 2012 amin ya rabbal alamin ya Allah.. semoga postingan ini menjadi amal jariyah ya Allah amiiiiin, walaupun isinya nggak jelas gini hehe…🙂 fachriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, semangat!!!! Mbak doakan melalui postingan dek… dan menggalang doa dari postingan buat kesuksesan adekku fachri… semoga fachri lulus snmptn ujian 2012 ya Allah aminn.. semoga fachri diberikan yang terbaik, tempat dimana fachri akan jadi orang yang besar, tempat dimana fachri akan mengukir prestasi yang setinggi-tingginya, alasan Allah mengirim adekku ini ke dunia, amanah yang Allah berikan buat fachri…. Semangat!!!! Teman-teman semuanya, adek-adek kelasku🙂 bantu doa ya…. Tolong aminkan doa saya ya.. buat adek saya J semoga adikku, fachri diterima di fakultas kedokteran unmul angkatan 2012 ya Allah ammmiiiiin ya rabbal alamin J semangat! Please, bantu doain ya teman-teman semuanya… : )

 

Buat semuanya, semangat ya,, perjalanan masih panjang,.. kehidupan kuliah itu bener-bener beda dari yang kita tonton di film-film lho.. jadi SELAMAT MENIKMATI pokoknya kalau belum ngerasakan sendiri belum afdol.. nggak asyik kalau diceritakan semuanya hahaa…

 

Buat temen-temen yang ikut ujian snmptn ujian 2012, good luck ya… semoga semuanya lulus, diterima di tempat yang terbaik buat masing-masing aminnnn…..

 

Kapan-kapan saya jadi pengen nulis pengalaman daftar ulang II yang secara full version gitu, karena itu adalah masa-masanya sebuah titik balik dlm hidup saya, awal mula hidup mandiri ngekost sendirian, dituntut dewasa, pertama kali puasa ramadhan di luar rumah, ketemu teman-teman baru yang beragam jenisnya, melakukan perjalanan jauh mesti bolak-balik sendirian u/ pertama kalinya, homesick yang menyiksa banget…huhuuhu.. berkesan banget sampe nggak bisa lupa :*

 

Sebenernya masih banyak yang belum saya ceritakan lohhhh… sangking serunya pengalaman saya dari bulan Mei 2011 sampe sekarang haha… belum cerita ikut PAMB unmul, ikut LDK-LDK dari organisasi-organisasi dalam fakultas, LDK dari fakultas, sayang saya pas maba kemaren gak ikut yang dari kabupaten saya, Karena harinya bertepatan dengan ujian blok hehehe….. J

 

Ya sudah, selamat berjuang semuanya… semoga tulisan ini bermanfaat ya… dan terimakasih atas kunjungannya, doa untuk adik saya-nya, dan keikhlasannya untuk membaca dan mendoakan kesuksesan adik saya, fachri… makasih banyak ya teman-teman… Cuma Allah yang bisa membalas kemurahan hati teman-teman yang sudah ngedoain adek saya, : )

 

 

Salam hangat,

-jannahkha-

ditulis di kamar kost 28/05/2012 8:21 PM

8 comments

  1. april · Juni 2, 2012

    blogwalking😀
    alhamdulillah postingannya bermanfaat banget ka🙂
    insyaAllah saya nanti akan jadi maba di unmul, salam kenal ka😀
    my blog : randomize-hi.blogspot.com

    • jannahkha · Juni 3, 2012

      hi april🙂 masuk jurusan apa de’? Oke, ditunggu ya kunjungan baliknya🙂

      salam kenal…🙂

  2. april · Juni 7, 2012

    alhamdulillah keterima akuntansi kak😀 kakak jurusan apa?
    hehe iya kak makasih udah berkunjung di blogku😀

    • jannahkha · Juni 8, 2012

      wah, selamat ya😀 saya kedokteran de’, iyaaa sama-sama, makasih juga udah blogwalking ke sini🙂 keep blogging ya de’ ^^

  3. Ni'matul Aulia · Agustus 4, 2012

    msh agak krg ngerti soal kapan dpt jas almamaternya -_-
    kan nanti PAMB-nya pakai jas almamater, nah jasnya itu dibagikannya kapan kak?
    trus itu bayar lagi ya? hehe. maaf nanya2🙂

    • jannahkha · Agustus 6, 2012

      kalau jas almamaternya lama dek baru dapetnya.. Tapi, sbelum pamb udah dapet kok (pengalaman tahun lalu).. Iya bayar lagi, ntar pas di auditorium di kasih kertas yg isinya apa” yang mesti dibayar termasuk jas almamater ini..

      • ballava · Agustus 7, 2012

        ohh gitu…
        makasih yaa kak info sama postingannya🙂

      • jannahkha · Agustus 12, 2012

        iya, sama-sama ya..🙂

Tinggalkan Balasan

