Situs Resmi SNMPTN 2012 Sudah Dibuka! Cek Bagaimana Cara Daftar SNMPTN 2012

Bismillahirrahmanirrahim,,πŸ™‚
assalamualaikum wr.wb.πŸ™‚
halo sahabat J-loverz semuanya… Lama ngga menyapa ya…hehe.. Baru bisa update sedikit blog ini hehe…

Langsung aja ke info utama yang ingin aku share hari ini…

Adik2 *sok tua* hehe.. Maksudnya, bagi teman2 semua yang tahun ini lagi duduk di kelas tiga sma..n yang berencana mau masuk ptn (perguruan tinggi negeri) lewat jalur snmptn, atau siapa aja yang lagi butuh info ini, entah buat sodara, anaknya, teman, dll hehe.. situs resminya sudah bisa dibuka… Tepatnya mulai tadi malam… Tanggal 19 januari 2012 jam 20.00 wib (klo ngga salah ya :* )

alamat situsnya:
http://snmptn.ac.id

silahkan dicek apa aja persyaratan2 yang harus dipenuhi untuk bisa daftar…

Menurut pengalaman saya tahun lalu, n setelah saya baca sedikit infonya di situs resmi snmptn… Seperti tahun lalu, tahun ini snmptn ada dua jalur, jalur undangan (tanpa tes) dan jalur tertulis (ujian tertulis)… Dan yang paling pertama dibuka sih snmptn jalur undangan, baru setelah itu jalur tertulisnya… Jalur undangan pendaftarannya sebelum ujian nasional sedangkan yg tertulis, tesnya setelah ujian nasional.

Jalur undangan itu khusus bagi siswa siswi yang ranking tertinggi di kelas…Sesuai dengan persyaratan snmptn, misalnya diminta 50% rangking tertinggi di kelas, dll.. Trus enaknya klo ikut undangan itu adalah bisa masuk ke jurusan apapun yang kamu mau di perguruan tinggi negeri manapun yg kamu mau di Indonesia, masuk tanpa tes, liburan lebih panjang (dulu saya kayakx ada 3 bulanan libur deh.. April ujian nasional, mei pengumuman uan + snmptn undangan…agustus baru daftar ulang hehe..), dll lah manfaatnya.. Cuman, persyaratannya nilai raport n yg jelas uan harus lulus…soalnya kan udah disebut sebelumnya pengumumanx aja setelah uan diumumin T.T

dan yang penting dan perlu digaris bawahi hehe… Adalah menurut saya, ini menurut pendapat saya aja lho ya… Tahun ini persyaratan untuk snmptn jalur undangan nya lebih susah lho.. T,T
klo dulu (2011) klo kelas akselerasi boleh smua siswa daftar (100%), tahun ini.. Yang saya baca ngga ada pernyataan tentang klas aksel ini *ngga disebutin di situsnya*.. Trus klo saya ngga salah inget, jumlah nya dikurangin.. Misalnya aja ya…soalnya saya sudah lupa berapa jumlah pastinya.. *ketahuan deh klo udah tua = pikun* misal, sekolah akreditas A : 75% peringkat tertinggi di kelas, ini tanpa embel-embel lho ya… Trus yang baru.. Sekolah akreditas A : 50% peringkat tertinggi dikelas, konsisten di semester 1, 3, 5.. Jadi, ada syarat tambahan yaitu rangkingnya harus konsisten… Klo masalah biaya daftarnya sih ngga naik ko..sama aja 175rb ke bank mandiri..supaya bisa daftar online..πŸ™‚ trus yang masih sama adalah jumlah universitas negeri tujuanx yaitu masih 2 universitas..bedanya klo tahun kemaren boleh milih sebanyak2nya tiga jurusan di masing2 universitas..jadi total boleh milih 6 jurusan (3 jurusan di univ. A dan 3 jurusan di univ. B –> klo mau milih semuax ) klo sekarang maks. 2 jurusan di masing2 univ. Begitulah kurang lebih… Klo yg jalur tertulis saya ngga baca hehehe…

Kalo tahun lalu..
Situs resmi snmptn jalur undangan:
http://undangan.snmptn.ac.id
situs resmi snmptn jalur ujian:
http://ujian.snmptn.ac.id
*klo ngga salah*

sebenernya sih… Jalur undangan itu yang daftarin itu sekolah.. Daftarnya semacam mewakili nama sekolah ngga bisa daftar sendiri secara pribadi.. Trus nanti itu kita punya pin gitu.. Hati2 ya jangan disebarkan pin nya.. Ntar diblokir lho..hehehe… Oh ya, daripada pusing dengan penjelasan saya yang aneh ini..langsung aja tanya kan ke guru BK masing2 aja ya… Soalnya saya dulu itu paling rajin ke BK buat nanya2 info universitas n minta di daftarkan sama guru BK saya.. Hehehe…tipsnya sih, klo kamu sering online.. Daripada online ngga jelas mendingan nyari2 info univ. Di web resmi univ. Langsung ato..baca2 situsnya snmptn.. N bukannya apa2 ya.. Saya suka update berita2 uan n snmptn di kompas edukasi..hihi.. Jadi bisa tahu perkembangan nya gimana… Termasuk ujian nasional tahun lalu yg 5 paket itu.. T.T klo tahun ini saya engga tahu coz ngga ada dpt info hehehhe….

Semangat ya…
Dan semoga info ini bermanfaat amin…

Dan tentunya, tak lupa di akhir postingan saya mau minta didoakan hehehe…
Buat teman2 yang nggak sengaja n sengaja mampir ke sini, tolong doakan saya ya.. Supaya saya bisa lulus osce amin… *Osce itu semacam ujian keterampilan medik* doakan saya lulus ujian blok 3 mulai dari modul 1 sampai dengan modul 5 ya…amin ya rabbal alamin… Doakan semua urusan saya dan anda dimudahkan dan diringankan oleh Allah swt, amin.. Yang pengen pulang kampung bisa pulang kampung..hehhe.. Dan selamat liburan ya teman2… Sampai ketemu di semester 2πŸ™‚

alhamdulillah…
wasalamualaikum wr.wbπŸ™‚

2 comments

  1. dwihardjoapriyanto · Juli 20, 2012

    kalo boleh tau dulu rata-rata nilai raport kk naik turun/naik terus?
    rata”nya diatas 75kah?

    • jannahkha · November 11, 2012

      halo, maaf ya baru dijawab komennyaπŸ˜€ alhamdulillah pas sma kemaren naik terus nilainya..dan alhamdulillah bisa diatasnya 75πŸ˜€ semangat dan sukses selalu ya…πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s